gdfgdfg

Wisata

Referensi Wisata di Kota Cimahi

Rumah Sakit dustira tempo dulu

view : 3776 |   19 Des

Masyarakat cimahi pasti tau kan Rumah sakit Dustira? Rumah sakit TNI AD pada masa penjajahan Belanda dinamakan Militare Hospital yang didirikan pada tahun 1887 dengan memiliki area tanah seluas 14 Ha. Wah luas juga yah

Nah, pada tahun 1942-1945 dimasa penjajahan jepang, rumah sakit ini digunakan untuk perawatan tahanan Belanda dan tentara Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, Militaire Hospital di cimahi ini diserahkan oleh Militer belanda kepada TNI, tepatnya tanggal 30 mei 1950.

Rumah sakit dustira ini termasuk rumah sakit tertua yang ada di cimahi, dan kalau dilihat dari arsitekturnya, TNI masih mempertahankan keasliannya. Mau lihat Rumah sakit Dustira Tempo Dulu?

Gambar diatas Rumah sakit Dustira tahun 1921, tampak samping.

gambar diatas adalah bangsal rumah sakit dustira tahun 1927

Gambar diatas itu rumah sakit dustira tahun 1990, lihat lingkungan sekitarnya, masih asri dengan pohon-pohonnya, tanah masih luas. Tidak seperti sekarang, sebrang rumah sakit dustira semakin padat dengan toko-toko.

Oh ya, kalau mau ke dustira itu kita harus melewati 2 pintu perlintasan, yaitu pintu timur dan pintu barat. Dahulu di pintu barat ternyata ada terowongan di bawah lintasan kereta api. Jadi ambulan bisa lewat dan membawa pasien ke IGD tanpa menunggu pintu perlintasan dibuka.]

Gambar diatas, menunjukan terowongannya (ditandai panah ya) tapi entah sekarang kemana ya tuh terowongan. (Kalau saja terowongan itu masih ada, ngak perlu deh ada acara macet di dustira-red)

Kirim informasi usaha Anda GRATIS